5 DINOSAURUS TERBANG



1.PTERANODON
Di tangan dinosaurus ini ada membran yang membuatnya mampu terbang.Dinosaurus karnivor ini biasannya hidup di celah gunung yang tinggi.Meskipun kakinya kecil,ia tetap dapat berjalan di tanah.Caranya,dengan melipat sayap hingga menjadi seperti kaki.Di sayapnya ada 3 jari kecil yang berada di ujung tengah sayap.Saat terbang kecepatannya seperti pesawat tempur


2.PTERODACTYL
Binatang berkaki 4 dengan sayap membran yang membentang di antara kaki depan dan kaki belakang ini mendominasi langit antara zaman jurassic dan cretaseous, 65 juta tahun yang lalu. Berat jenis dari binatang terbang ini sekitar 149 kg. Mereka dapat bertahan hidup di bumi selama 150 tahun.


3.CONFUCIUSORNIS
Bentuk burung purba yang berasal dari akhir periode jurassic dan terbang berkelompok ini sudah mendekati bentuk burung saat ini. Fosil burung ini pertama kali dipaparkan oleh Hou Lianhai dan Zhonghe Zhou dari institut Paleontologi Vertebrata,China.Total ditemukan lebih dari 1.000 fosil spesimen genus burung ini.


4.RHAMPHORHYNCHUS
Dinosaurus yang hidup 145-170 juta tahun yang lalu ini rentang sayapnya 2 m dan panjang tubuhnya 1 m.Penerbang karnivor ini bergerombol di pulau-pulau bebas predator yang relatif aman agar mereka dapat makan ikan dengan tenang


5.MICRORAPTOR
Fosil burung purba yang mendiami wilayah timur Laut China ini ditemukan berasal dari zaman Cretaceous, 170 juta tahun yang lalu. Ahli paleontologi menyimpulkan fosil yang ditemukan berperawakan seperti burung gagak dan mengibaskan ekornya seperti merak. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 DINOSAURUS AIR

9 BINATANG PRASEJARAH PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA